Perjalanan Dari Hobi Yang Bikin Dosa Ke Hobi Yang Berpahala bagian 3



Sejak itu jadi penasaran deh sama yang namanya ARCHERY
“kalo sudah Rasulullah Sallahu alaihi Wasallam yang menganjurkan pasti di dalamnya terdapat hikmah yang besar” pikirku
Jadi sering browsing tentang panahan mulai dari hadist yang menyinggung tentang panahan,panahan orang muslim,tehnik memanah, cara pembuatannya ,jadi terobsesi sama panahan hehe
Bagaimana tidak panahan adalah termasuk olahraga sunnah yang sangat dianjurkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam seperti dalam hadist
Dari sahabat ‘Uqbah bin ‘Amir:
سمعتُ رسولَ اللهِ صلَّÙ‰ اللهُ عليه وسلَّÙ…َ ، وهو على المنبرِ ، يقول  ÙˆَØ£َعِدُّوا Ù„َÙ‡ُÙ…ْ Ù…َا اسْتَØ·َعْتُÙ…ْ Ù…ِÙ†ْ Ù‚ُÙˆَّØ©ٍ . ألا إنَّ القوةَ الرميُ . ألا إنَّ القوةَ الرميُ . ألا إنَّ القوةَ الرميُ
“Aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berkhutbah di atas mimbar. Tentang ayat ‘dan persiapkanlah bagi mereka al quwwah (kekuatan) yang kalian mampu‘ (QS. Al Anfal: 60) Rasulullah bersabda: ‘ketahuilah bahwa al quwwah itu adalah skill menembak (sampai 3 kali)’” (HR. Muslim 1917)
Dari hadist diatas Rasulullah shallahu alaihi wasallam mengulagi kalimat "ketahuilah bahwa al quwwah(kekuatan) itu adalah skill  memanah" sampai 3 kali yang artinya memanah adalah olahraga yang sangat dianjurkan bagi setiap umat islam dan tentunya memanah adalah olahraga yang berpahala ,mau manah seharian full juga insyaalah dapet pahala, asal nggak lupa shalatnya loo,  kalo manah doang tapi lalai sama shalatnya ya itu mah sama aja boong :D
semoga kita nggak termasuk orang yang lalai dalam shalat ketika kondisi apapun Amiinn...
Oke kembali ke jaalan yang lurus ,setelah sedikit faham tentang panahan dan cara pembuatannya , akhirnya aku memutuskan untuk merakit busur sendiri
Sebagian bahan seperti siyah dan bowstring  saya beli dari seorang senior yang saya kenal melalui blog sunnahmemanah.com  yang bernama Kang Roy 
Dengan sedikit pengetahuan yang saya dapat dari blognya Kang Roy aku pun mulai merakit busur pertamaku , Dan
jreng jreeeeengggg singkat cerita busur pertamaku sudah jadi

my first bow
Aku memilih busur horsebow sebagai busur pertamaku
Busur model ini cocok digunakan untuk kondisi apapun seperti berkuda ,berlari,berjalan,melompat Busur ini juga nggak terlalu panjang sehingga mudah dibawa

Sekian perjalanan hobi saya dari hobi yang bikin dosa ke hobi yang berpahala
semoga bermanfaat 
Bonus video memanah setelah beberapa kali latihan 
 



Do not forget, the strength is archery :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »